Tingkatkan Kualitas Perencanaan, Kemenkumham Babel Gelar Supervisi RKA-K/L

Kamis 22-08-2024,10:26 WIB
Reporter : Humas Kanwil KemenkumHAM Babel
Editor : Tuspen Martutansri

PANGKALPINANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung menggelar acara Supervisi Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) Pagu Anggaran Satuan Kerja Tahun Anggaran 2025, Rabu (21/08/2024) di Balai Pengayoman Kantor Wilayah setempat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel Harun Sulianto ketika membuka kegiatan mengatakan, bahwa penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran, disusun berdasarkan prinsip belanja berkualitas yang meliputi: a. efisiensi; b. efektivitas; c. prioritas; d. transparansi; dan e. akuntabilitas yang perlu dilaksanakan secara terencana, terpadu, dan berkelanjutan.

Disampaikan Harun, kegiatan Supervisi RKA-K/L terkait dengan penyusunan arah kebijakan dan prioritas pembangunan, reviu baseline, penyusunan alokasi tahun direncanakan dan/atau penyesuaian anggaran tahun berjalan.

Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan sebagai penguatan atas keikutsertaaan para pihak dalam pelaksanaan evaluasi kinerja dan sinergi evaluasi kinerja anggaran, pembangunan, dan akuntabilitas kinerja instansi.

Kedepan evaluasi kinerja akan dilakukan dengan perbaikan proses bisnis dan tindak lanjut, penguatan fungsi monev dan sinergi pelaksanaan, perbaikan metodologi monitoring dan evaluasi, yang adaptif terhadap perubahan kebijakan.

“Semoga kegiatan ini akan meningkatkan kualitas perencanaan dan kinerja pelaksanaan anggaran Kanwil Kemenkumham Babel,” tutur Harun Sulianto.

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Dwi Harnanto menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan perencanaan dan penyusunan anggaran tahun 2025 sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, serta memastikan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran di seluruh satuan kerja.

"Tujuannya yaitu, untuk peningkatan kualitas perencanaan anggaran, efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran, penguatan akuntabilitas, peningkatan kinerja satuan kerja, kepatuhan terhadap regulasi, sinkronisasi program dan kegiatan, serta monitoring dan evaluasi," sebut Dwi.

Adapun tim peneliti yang melakukan supervisi dari Biro Perencanaan yaitu, Penyusun Rencana Kerja dan Anggaran (Sigit Purwo Nugroho dan Reymuda Radja Sipayung), serta Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (David Ady Prasetya dan Nur Citra Widowati).

Kemudian dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yaitu, Elita Fransisca, Derby Renova dan Puja Saka Nopriani. Lalu dari Direktorat Jenderal Imigrasi yaitu, Muhammad Nur Mansyur dan Noval.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Bagian Program dan Humas (Sugeng Krisdwiyanto), Kepala Lapas Pangkalpinang (Badarudin), Kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang (Nur Bambang Supri Handono), Kepala Bapas Pangkalpinang (Andriyas Dwi Pujoyanto), Kepala Lapas Perempuan Pangkalpinang (Hani Anggraeni), Kepala Rupbasan Pangkalpinang (M. Anwar), serta Operator RKA-K/L di Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis.

Kategori :