Rangkaian Peringatan HUT RI ke-79 di Kota Pangkalpinang Khidmat

Minggu 18-08-2024,19:02 WIB
Reporter : Abot
Editor : Govin

PJ Walikota Pangkalpinang, Budi Utama mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Kota Pangkalpinang.

Pentingnya kemerdekaan dan semangat baru untuk Indonesia yang lebih maju, seiring dengan perubahan ibu kota negara menjadi Nusantara Baru.

BACA JUGA:Pj. Gubernur Babel Hibur Warga Binaan dengan Lagu

"Mari kita syukuri kemerdekaan bangsa kita dan senantiasa isi dengan hal positif.

Kemerdekaan kita juga di tahun ini memiliki warna, kita memiliki wajah baru yakni Ibu Kota Negara atau IKN," tuturnya.

Pj Walikota kemudian meletakkan Pal 0 KM Kota Pangkalpinang yang berada di depan halaman Gereja GPIB Maranantha Pangkalpinang seusai upacara kenaikan bendera Merah Putih Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

BACA JUGA:369 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Terima Remisi, 11 Warga Binaan Langsung Bebas

Ahmad Elvian, Ketua Tim Cagar Budaya Kota Pangkalpinang yang juga merupakan Sekretaris DPRD Kota Pangkalpinang menyebut Pal 0 Km tersebut memiliki nilai sejarah yang penting bagi masyarakat Bangka Belitung.

“Kemarin sempat dipindahkan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional dan untuk sekarang kita pasang kembali.

Mengenai hal ini kami sudah mengkaji dan hasil kajian tersebut kami serahkan kepada bapak Budi Utama selaku Pj Wali Kota Pangkalpinang," urainya.

Ia menambahkan, bertepatan dengan hari kemerdekaan ini meletakkan kembali titik 0 ini sesuai dengan sejarahnya sehingga dapat melestarikan dan menjaga hal yang menjadi nilai sejarah di ktota Pangkalpinang.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Pangkalpinang Gelar Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI, 668 Warga Binaan Terima Remisi

Sementara, Pj Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama menceritakan, pemasangan kembali Titik Nol Km ini bermula ketika ia bersama Ahmad Elvian menginventarisir sejarah-sejarah yang ada perkarangan rumah dinas dan sekitarnya.

“Kemudian pak Ahmad Elvian mengusulkan untuk memasang kembali Titik Nol Km tersebut dan peletakan tersebut dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan HUT RI," katanya.

BACA JUGA:HUT RI Ke-79, PJ Bupati Haris Ajak Bersiap Sambut Indonesia Emas

Kemudian, Pj Wako Budi juga menginisiasi ziarah ke makam Masjarif Datok Bandaharo Lelo tersebut meminta kepada semua pihak dan masyarakat Kota Pangkalpinang untuk menjaga dan melestarikan Makam Masjarif Datok Bandaharo Lelo.

Kategori :