KPU Gandeng Dinkes Babar Siapkan Tes Kesehatan Cakada

Rabu 14-08-2024,12:00 WIB
Reporter : Husni
Editor : Govin

BABELPOS.ID, MENTOK - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat (Babar) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan melakukan persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk para pasangan calon peserta Pilkada 2024.

"Setelah proses pendaftaran pasangan calon peserta pilkada akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, yaitu pada 27 Agustus hingga 2 September 2024, untuk menggelar proses ini agar sesuai aturan maka kita perlu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono, Selasa (13/8).

BACA JUGA:Hadiri Undangan Presiden Jokowi, Pj Wali Kota Budi Utama Terima Arahan Ini

Menurut dia, proses pemeriksaan kesehatan ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 dan wajib dilaksanakan oleh para calon peserta Pilkada 2024.

"Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan membahas detail mekanisme dan prosedur pemeriksaan kesehatan ini," katanya.

BACA JUGA:Yuniar Putia Imbau Orang Tua Arahkan Anak Gunakan Gadget secara Bijak

Menurut dia, Dinas Kesehatan telah merekomendasikan tiga rumah sakit yang dinilai layak untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah, yaitu RSPAD Gatot Soebroto di Jakarta Pusat, RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno di Provinsi Bangka Belitung, dan RSUP Dr. Mohammad Hoesin di Palembang.

BACA JUGA:Banyak Beredar Nomor dan Akun Palsu, BRI Himbau Nasabah Kenali Akun dan Kontak Resmi Ini

"Dinkes telah merekomendasikan tiga rumah sakit yang layak menggelar tahapan tersebut, namun kita masih menunggu arahan KPU Provinsi Babel yang juga punya hajatan yang sama, pemilihan gubernur-wakil gubernur," katanya.

BACA JUGA:Raker Semester II LPPOM MUI Babel, Demi Penguatan Kinerja Menuju Wajib Halal Sebelum 17 Oktober 2024

Meskipun belum ada kepastian, namun pihaknya telah melakukan langkah persiapan, salah satunya dengan mengunjungi rumah sakit yang sudah direkomendasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat.

BACA JUGA:Mau Turunkan Risiko Depresi Masa Tua, Makan Aja Buah

"Beberapa hari lalu kita sudah berkunjung tiga rumah sakit tersebut, nanti akan kita bahas detail kerja sama agar pelaksanaan pemeriksaan kesehatan para calon peserta pilkada bisa berjalan dengan baik, sesuai aturan dan jadwal pelaksanaannya," katanya.

BACA JUGA:Bersebelahan dengan Tower BTS, Rumah Warga Desa Pasir Putih Tersambar Petir, Satu Orang Alami Kerusakan Saraf

BACA JUGA:Kemungkinan Lawan Kotak Kosong Pada Pilkada Basel, Ini Kata Riza

Kategori :