Kemenko PMK Berikan Penghargaan UHC Award 2024 Tingkat Madya Untuk Bangka Selatan

Jumat 09-08-2024,15:11 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Govin

BABELPOS.ID, TOBOALI - Perjuangan serta rasa bangga terpancar jelas di wajah Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan (Basel) agar masyarakat Basel  bisa berobat secara gratis akhirnya tercapai.

Hal ini didapatkan sebuah penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yakni  penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2024.

Bupati Basel Riza Herdavid menyebutkan, penghargaan ini diberikan atas suksesnya Berobat Gratis Menggunakan KTP yang juga inline dengan program pemerintah pusat yaitu UHC.

BACA JUGA:Upaya AHM Kalibrasi Pelayanan Terbaik untuk Konsumen Honda

"allhamdulillah kita mendapatkan penghargaan dari Program Berobat hanya menggunakan KTP yakni UHC 2024," sebutnya.

Tak tanggung- tanggung penghargaan UHC yang didapatkan ini yakni di level Madya, yang artinya 

Cakupan kepesertaan, keaktifan peserta, proporsi penganggaran PBPU BP Pemda melebihi target nasional.

Salah satu parameter yang sangat penting adalah pemda tidak memiliki tunggakan iuran PBPU, yang Sejak awal kepemimpinan Riza - Debby yang terus  berkomitmen agar seluruh masyarakat Basel yang sejumlah 200 ribu lebih jiwa ini dapat berobat secara gratis.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Pj Ketua PKK Pangkalpinang Ajak Gemar Makan Ikan

"Kami mendapatkan penghargaan UHC ini karena dinilai melebihi target Nasional untuk kepesertaannya," ungkapnya.

"Kondisi diawal kami dilantik kurang lebih 100 ribu lebih masyarakat yang hanya bisa berobat gratis tetapi saat ini seluruh masyarakat saya sudah merasakan program ini, mudah mudahan ini menjadi amal jariyah bagi kita semua", imbuhnya

Diketahui bahwa pemberian penghargaan ini  bertempat di Krakatau Grand Ballroom, Kawasan TMII Jakarta Timur pada Kamis (08/08) .

BACA JUGA:BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Makin Meningkat Jelang ke Ibu Kota Nusantara

Tema acara adalah Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Acara Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia.

 Kegiatan ini sendiri diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan BPJS Kesehatan, dihadiri oleh Presiden ISSA, Dirut BPJS Kesehatan beserta jajarannya, sejumlah Kepala Daerah penerima penghargaan dan segenap tamu undangan. 

Kategori :