Pentingnya Perbaiki Bacaan Al Qur'an,SMP Muhammadiyah Koba Gelar Pelatihan Tahsin dan Metode Hafalan Al Qur'an

Kamis 08-08-2024,19:24 WIB
Reporter : Yandi
Editor : Govin

BABELPOS.ID, KOBA - Di sela-sela pembelajaran sekolah dan kegiatan yang begitu padat, SMP Muhammadiyah Koba Kabupaten Bangka Tengah menggelar Pelatihan Tahsin dan Metode Hafalan Al Qur'an, dalam rangka peningkatan kompetensi bacaan Al Qur’an sesuai dengan tajwid dan makhrajnya bagi Guru, Pegawai dan Siswa-siswi SMP Muhammadiyah Koba, Kamis (8/8/2024).

BACA JUGA:Pemda se-Bangka Belitung Terima Penghargaan UHC Award 2024

Seperti yang disabdakan dalam Hadist Riwayat Bukhari “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya,” maka perlunya memperkuat pentingnya memperdalam pemahaman terhadap kitab suci umat Islam.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari dari tanggal 7 - 8 Agustus 2024, bertempat di ruang kelas SMP Muhammadiyah Koba, dan dipandu langsung oleh Koordinator Al-Qur'an SDIT Sahabat Qur'an Koba yakni Ustadz Abdullah Zawawi, A.Md (Ustadz Awi) yang sudah bersertifikasi.

BACA JUGA:Dapat Rekom Nasdem, Molen: Terima Kasih, Semoga Allah Ridho

Kepala SMP Muhammadiyah Koba, Tita Septia Rahmawati menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan pelatihan Tahsin tersebut.

"Alhamdulillah, kami bersama dengan guru-guru, pegawai serta siswa kami telah mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru berkaitan tentang Tahsin Al Qur'an," ujarnya.

Tita juga menyampaikan mengatakan dari kegiatan ini tidak hanya untuk memperbaiki kualitas bacaan Al-qur’an ibu/bapak guru maupun Tenaga Kependidikan, tapi ini juga bekal mereka untuk menyampaikan ilmu yang sesuai dengan kaedahnya kepada para siswa.

BACA JUGA:DPRD Babel Harap Hak Masyarakat di APBD Jangan Dikurangi

"Tahsin Al-Qur’an adalah langkah penting dalam perjalanan spiritual bagi kita setiap Muslim. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi kami untuk terus belajar dan mendekatkan hubungan diri dengan Kitabullah,"terangnya

Sementara itu, Ustadz Abdullah Zawawi selaku pengisi pelatihan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada pihak SMP Muhammadiyah Koba, karena telah berinisiatif melaksanakan kegiatan yang begitu penting tersebut.

"Program seperti ini sangat bagus, sekolah yang diisi dengan Al Qur'an itu adalah sekolah terbaik, yang mungkin tidak bisa didapatkan di sekolah lain," ucapnya.

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Salurkan CSR Rp365 Juta Kembangkan Agrowisata Desa Namang

Ia katakan kegiatan ini adalah kesempatan yang berharga untuk diikuti dan jangan pernah malu untuk terus belajar Al Qur'an.

"Semakin banyak kita membaca Al Qur'an dan memperbaiki kualitasnya bacaan Al Qur'an kita, maka semakin banyak lagi kita memperoleh keberkahannya,"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Abdullah Zawawi juga menyampaikan tidak hanya teori tahsin saja, Namun beliau juga telah menyampaikan tips cepat bagaimana seseorang mudah dalam menghafal Al-Qur'an.

Kategori :