Hindari Makan Keripik dengan Saus, Ini Dampaknya

Selasa 06-08-2024,09:31 WIB
Reporter : Septi
Editor : Jal

BABELPOS.ID- Kamu yang menyukai keripik sebagai cemilan sebaiknya lebih mengontrol konsumsinya.

Pasalnya para peneliti menemukan bahwa ketika konsumen menyantap keripik dengan saus, asupan kalori mereka meningkat hingga 77 persen dibandingkan dengan hanya makan keripik saja.

Makanan ringan menyumbang sekitar seperempat dari asupan kalori harian rata-rata seseorang.

BACA JUGA:Ketahui Jenis Kopi Putih, Rasa dan Manfaatnya

BACA JUGA:Gaya Hidup Seperti Ini Bikin Wajah Bengkak

Ditulis laman Medical Daily, Jumat (2/8), John Hayes, profesor ilmu pangan dan direktur Penn State Sensory Evaluation Center, penulis korespondensi studi terbaru ini menekankan bahwa memahami perilaku ngemil sangat penting untuk mengatasi masalah makan berlebihan dan obesitas.

Untuk meneliti hal ini, tim peneliti menyelidiki bagaimana menambahkan saus ke camilan asin memengaruhi perilaku makan dan menemukan beberapa hasil yang mengejutkan.

Studi ini meneliti 46 peserta dewasa selama dua kali kunjungan ke Sensory Evaluation Center milik Penn State, tempat mereka disuguhi 70 gram keripik rasa ranch, dengan atau tanpa sepertiga cangkir saus ranch.

BACA JUGA:Penting Diketahui! Ini Dampak Diet Metode Kurangi Makan

BACA JUGA:Ini Tips Cegah Cedera Saat Olahraga

Peserta diperbolehkan makan sebanyak yang mereka inginkan, tetapi asupan mereka diukur dengan cermat. Setiap sesi direkam dalam bentuk video dan diberi anotasi untuk jumlah gigitan dan waktu makan aktif.

Saat saus disajikan, orang tidak hanya mengonsumsi lebih banyak kalori, tetapi juga makan lebih cepat dan mengambil gigitan lebih besar, menurut hasil yang dipublikasikan dalam Food Quality and Preference.

"Rata-rata per sesi makan, peserta mengonsumsi 345 kalori dari keripik dan saus dibandingkan dengan 195 kalori dari keripik saja," demikian pernyataan siaran berita tersebut.

BACA JUGA:Padat Nutrisi, Ubi Jalar Bagus Dikonsumsi Tiap Hari

BACA JUGA:Lutut Kamu Kaku Saat Bangun Tidur, Waspada Gejala Ini

Kategori :