Ketahui Jenis Kopi Putih, Rasa dan Manfaatnya

Senin 05-08-2024,15:07 WIB
Reporter : Septi
Editor : Jal

BABELPOS.ID - Jika biasanya anda melihat biji kopi berwarna kehitaman maka kopi putih ini merupakan biji kopi yang sama namun disangrai dengan tingkat pemanggangan yang lebih ringan.

Ditulis laman Well and Good, Minggu (4/8), Pakar pemanggang kopi Samuel Kelin mengatakan kopi putih disangrai hingga suhu akhir sekitar 320 derajat Fahrenheit (160 derajat celsius), jauh lebih rendah daripada sangrai ringan pada umumnya.

"Pada dasarnya, ini mirip dengan gaya kopi yang secara tradisional dikonsumsi di Jazirah Arab, yang biasanya dicampur dengan campuran rempah-rempah seperti Hawaii," katanya.

Suhu pemanggangan yang lebih rendah menghasilkan profil rasa yang unik yang berbeda dari pemanggangan yang lebih gelap.

Secara khusus, kopi yang dipanggang ringan dapat mempertahankan senyawa rasa yang lebih mudah menguap dan lembut yang sering hilang selama proses pemanggangan biasa.

BACA JUGA:Tomoro Coffee, Tongkrongan Asyik dengan Kopi Berkualitas

BACA JUGA:Kamu Sering BAB Setelah Minum Kopi, Mungkin Karena Ini

Dalam kasus kopi putih, ini menghasilkan rasa yang sangat bersahaja. Kopi ini memiliki rasa seperti jerami atau kacang dengan body yang sangat ringan, kata Klein.

Peminum kopi putih mengklaim minuman tersebut mengandung lebih banyak kafein daripada cangkir biasa, kata Klein. Teorinya adalah bahwa suhu pemanggangan yang lebih rendah menyebabkan lebih sedikit kafein yang terpanggang.

"Namun, kandungan kafein sangat bergantung pada pengukuran, Kopi putih kemungkinan besar memiliki lebih banyak kafein berdasarkan volume , tetapi lebih sedikit kafein berdasarkan berat , daripada jumlah kopi yang setara yang dipanggang dengan tingkat pemanggangan yang lebih konvensional," katanya.

Dengan kata lain, kemungkinan tidak ada perbedaan besar dalam jumlah kafein dalam minuman yang dipanggang terang dan gelap.

BACA JUGA:Kamu Suka Kopi Tapi Gak Nyaman di Perut? Simak 3 Tips Ini

BACA JUGA:Ternyata Kopi Bisa Atur Berat Badan, Tapi...

Kopi putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan, utamanya adalah kadar antioksidannya yang lebih tinggi—yakni, nutrisi yang ditemukan dalam makanan nabati yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, menurut Mayo Clinic.

"Kopi putih mengandung lebih banyak asam klorogenat, polifenol penting dengan sifat antioksidan," kata Klein.​​​​​​

Kategori :