Pengembangan Desa Siaga Dalam Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu di Wilayah Bangka Selatan

Jumat 02-08-2024,18:07 WIB
Reporter : dev/kdl
Editor : Tuspen Martutansri

BANGKA SELATAN - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat telah dilaksanakan pada Rabu, 26 Juni 2024 di Puskesmas Air Gegas.

Program ini diselenggarakan oleh Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dengan tujuan mewujudkan masyarakat desa dan kelurahan yang peduli, tanggap, dan mampu secara mandiri mengenali, mencegah, dan mengatasi permasalahan kesehatan, khususnya kesehatan ibu di wilayahnya.

Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Liana Devi Oktavia, S.ST, M.Keb serta timnya turut terlibat, yaitu Astri Yulia Sari Lubis,SST, M.Kes, Susan Delilah, M.Kes, Erni Chaerani, S. Pd, MKM, dan Ns. Dudella Desnani Firman Yasin, M.Kep.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang, terdiri dari bidan puskesmas, tim pengabdi, mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, dan kader di Wilayah Kerja Puskesmas Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan.

Meskipun program Desa Siaga telah dilaksanakan sejak tahun 2006, namun penerapannya masih belum mencapai 50%. Rendahnya partisipasi dan dukungan masyarakat untuk kegiatan Desa Siaga di wilayah Puskesmas Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan, menjadi alasan utama dilakukannya pemberdayaan masyarakat.

Hal ini bertujuan agar kader mampu menjalankan peran dan tugasnya dalam mendukung program masyarakat dan organisasi kemasyarakatan dalam kegiatan Desa Siaga.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi persiapan petugas kesehatan di wilayah Puskesmas melalui sosialisasi, konsolidasi, dan pengembangan tim masyarakat. Tujuannya adalah agar para petugas, tokoh masyarakat, serta masyarakat dapat bekerja sama dalam mengembangkan Desa Siaga.

Langkah ini juga termasuk kegiatan advokasi kepada para penentu kebijakan untuk memberikan dukungan dalam bentuk kebijakan, anjuran, restu, dana, atau sumber daya lainnya guna kelancaran pengembangan Desa Siaga.

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dilakukan untuk menentukan prioritas, dukungan, kontribusi, serta langkah solusi untuk pembangunan dan pengembangan Desa Siaga. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan, serta lingkungan yang sehat melalui penyuluhan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Airgegas.

Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan "PENGEMBANGAN DESA SIAGA DALAM UPAYA MENURUNKAN AKI DI WILAYAH KABUPATEN BANGKA SELATAN." Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Puskesmas Air Gegas, Sehat, Siap, Siaga!

Kategori :