Klopp Siap Kembali?

Kamis 01-08-2024,09:32 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID - Meski sedang menikmati masa istirahatnya setelah mundur dari kursi manajer Liverpool pada akhir musim lalu, namun ia tidak membantah jika suatu saat nanti akan kembali melatih.

Klopp yang 23 tahun menjadi pelatih sejak menukangi Mainz pada 2001 membantah spekulasi bahwa ia akan menjadi juru taktik baru Timnas Inggris menggantikan Gareth Southgate.

"Saat ini tidak ada yang berhubungan dengan pekerjaan. Tidak ada klub, tidak ada negara," ucap Klopp dalam pertemuan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Jerman di Wuerzburg pada Rabu (31/7), sebagaimana warta AFP.

"Saya mencari kedamaian dan ketenangan, saya seratus persen berada di sini dan saat ini dan saya menikmatinya," kata pelatih berumur 57 tahun itu.

BACA JUGA:Pelatih Feyenoord Gantikan Klopp di Liverpool

BACA JUGA:Ditahan MU, Liverpool Gagal ke Puncak, Klopp Bilang Begini

Kendati demikian, mantan bek Mainz di era 1990-an itu tidak menutup kemungkinan kembali ke lapangan untuk melatih sebuah tim.

"Saya terlalu muda jika cuma bermain tenis padel atau menghabiskan waktu bersama cucu-cucu," kata dia.

"Apakah saya akan menjadi pelatih lagi? Saya menepis kemungkinan itu untuk saat ini. Tapi mari kita lihat bagaimana situasinya dalam beberapa bulan ke depan. Saat ini, belum ada rencana," kata dia.

"Saya masih ingin bekerja di dunia sepak bola dan membantu orang lain dengan pengalaman saya. Mari kita lihat apa lagi yang bisa saya lakukan," kata Klopp, yang menambahkan bahwa ia "telah melatih klub-klub terbaik di dunia."

BACA JUGA:Istimewa Bagi Klopp, Pahit Bagi Pochettino

BACA JUGA:Ini Kata Klopp tentang Xabi Alonso

Klopp telah memainkan 325 laga untuk Mainz sebelum mengambil alih peran pelatih pada tahun 2001 hingga 2008.

Ia pindah ke Dortmund pada 2008 untuk memenangkan dua gelar Bundesliga dan membawa klub ke final Liga Champions 2013. Ia meninggalkan Dormund pada 2015 untuk bergabung dengan Liverpool.

Selama sembilan tahun menahkodai The Reds, Klopp mengakhiri 30 tahun puasa gelar Liga Inggris. Ia juga membawa klub Merseyside itu ke tiga final Liga Champions (satu kali juara), satu Piala FA, dua Piala Liga, dan satu Piala Super UEFA.

Kategori :