Ini Tips Cegah Cedera Saat Olahraga

Kamis 01-08-2024,08:56 WIB
Reporter : Septi
Editor : Jal

BABELPOS.ID - Kamu mau olahraga, tapi khawatir cedera? Nah, pemenang kompetisi kebugaran L-Men Of The Year 2006 Fernando Surya memberikan tips aman bagi yang ingin memulai olahraga untuk mencegah cedera.

Ia menyarankan mulai dengan melakukan jalan kaki 5000 sampai 6000 langkah sehari sebagai latihan kardio.

"Jalan kaki olahraga yang paling mudah kalau mau kardio, kalau lari orang yang obesitas bahaya ke tekanan lutut, jadi kalau saran saya kardio dari jalan kaki, satu hari WHO merekomendasikan 5000-6000 langkah," kata pria yang disapa Nando seperti dikutip Antara, Rabu (31/7).

BACA JUGA:Padat Nutrisi, Ubi Jalar Bagus Dikonsumsi Tiap Hari

BACA JUGA:Lutut Kamu Kaku Saat Bangun Tidur, Waspada Gejala Ini

Nando mengatakan, hal lain yang sering orang lupa sebelum memulai olahraga adalah tidak melakukan pemanasan atau warming up. Padahal tahapan ini penting agar otot siap saat akan melakukan tekanan lebih.

Pemanasan yang disarankan untuk mengurangi cedera adalah yang bersifat dynamic warming up, seperti mengaktifkan sendi di pinggang dengan memutar pinggang kanan dan kiri, knee up atau mengangkat lutut sampai dada untuk mengaktifkan sendi lutut dan kaki, dan melakukan gerakan menyilang ke bawah menyentuh kaki untuk mengaktifkan hemstring atau otot belakang paha.

Lakukan gerakan-gerakan ini selama lima sampai 10 menit sebelum berolahraga dengan intensitas tinggi.

BACA JUGA:Coba 3 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Rasakan Manfaatnya

BACA JUGA:Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Semangka Bagi Tubuh

Assistant General Manager dan Pelaih di Rowdybox Indonesia ini mengatakan, setelah pemanasan, bisa dilanjutkan dengan latihan beban menggunakan berat dari badan sendiri terlebih dahulu untuk melatih otot perut (core muscle).

"Untuk nggak cedera disarankan weight training pakai berat badan sendiri dulu, kayak squat (jongkok) untuk latih core, bisa gunakan kursi biar nggak cedera lututnya, atur kursi serendah lutut," jelas Nando.

Latihan lainnya yang menggunakan beban dari berat badan sendiri adalah melakukan half push up, caranya tekuk lutut di tanah, dan posisikan tangan seperti push up normal. Ratakan dada dan perut hingga menyentuh tanah dan dorong ke atas hingga tangan dalam posisi lurus. Lakukan gerakan ini 10 sampai 15 menit.

BACA JUGA:Ini Risiko Pemanis Buatan Bagi Tubuh

BACA JUGA:Tips Memilih Parfum Untuk Siang atau Malam

Kategori :