Peringati Haul Ke-69 Kyai Haji Chotamarrasyid, Ini Harapan Bupati Sukirman

Senin 29-07-2024,22:28 WIB
Reporter : Husni
Editor : Govin

BABELPOS.ID, - PAPRITTIGA - Bupati Bangka Barat (Babar), Sukirman didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat bersama warga Desa Bakit menggelar acara tahunan Haul ke-69 Kyai Haji Chotamarrasyid di Makam Keramat Desa Bakit Kecamatan Paritiga, Sabtu ( 20/7/24) pagi.

BACA JUGA:Wabup Bong Ming Ming Kajitiru Pelayanan Rumah Sakit ke Sekayu

BACA JUGA:Putaran Pertama Imunisasi Polio di Kabupaten Bangka Capai Lebih 80%

Ziarah tablig akbar dan haul ini digelar setiap tahunnya oleh warga Desa Bakit.

dengan tujuan untuk mengenang jasa Kyai Haji Chotamarrasyid sebagai penyebar agama Islam di beberapa daerah di Pulau Bangka.

sekaligus menjalin silahturahmi warga keturunan Kyai Bakit.

Acara turut dihadiri masyarakat dari berbagai kota dan kabupaten yang pernah disinggahi oleh Kyai Bakit saat beliau menyebarkan syiar agama Islam pada masanya.

BACA JUGA:Tingkatkan Pengamanan di WIUP Laut, Dirut PT Timah Kerja Sama dengan Stasiun Bumi Bakamla Babel

BACA JUGA:Peringati Hari Mangrove Sedunia, PT Timah Tanam 48.000 Pohon di Empat Wilayah

Dalam sambutannya, Bupati Sukirman mengatakan Pemkab Bangka Barat sudah mengagendakan giat ini sebagai agenda rutin pariwisata Kabupaten Bangka Barat. 

“Dengan haul ini kita bisa mengenang perjuangan dan perjalanan Kyai Chotamarrasyid  beserta keturunannya dalam berdakwah dan menyiarkan agama Islam hingga berada di Desa Bakit Kecamatan Paritiga,” ujar Sukirman.

BACA JUGA:Honda Babel Gencar Sosialisasi AHM Best Student, Cari Generasi Muda Bekarya Majukan Bangsa

BACA JUGA:Tingkatkan Pengamanan di WIUP Laut, Dirut PT Timah Kerja Sama dengan Stasiun Bumi Bakamla Babel

"Menurut cerita ulama, Kyai Haji Chotamarrasyid dahulu adalah seorang kyai Penyebar Agama Islam yang menyiarkan berdakwah menyebarkan agama islam di Pulau Bangka antara lain di Belinyu, Kecamatan Paritiga hingga Kecamatan Mentok,” sambungnya.

Sukirman berharap, melalui acara tahunan ini, perjuangan Kyai Haji Chotamarrasyid dalam menyebarkan syiar Islam bisa terus berlanjut kepada generasi seterusnya.

Kategori :