Momentum Hari Anak Nasional, Ini Pesan Wakil Bupati Basel

Selasa 23-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Hari Anak Nasional (HAN) setiap 23 Juli merupakan sebuah momentum bagi bangsa dalam menjaga, mengawasi serta memberikan hak - hal anak selama ini, apakah sudah sesuai dengan amanat dalam undang -.undang tentang kesejahteraan anak.

Anak merupakan sebuah aanugerah agi orang tua, begitupun juga bagi bangsa Indonesia karena anak ini adalah sebuah titipan dari Tuhan dan juga baik bagi bangsa, negara, serta daerah yang bakal menjadi penerus ataupun pembawa perubahan.

Pada momentum ini Wakil Bupati Bangka Selatan (Basel) Debby Vita Dewi mengajak semua stakeholder terkait, maupun anggota masyarakat menjadikan moment ini untuk meningkatkan kesadaran, keperdulian dan partisipasi semua dalam menjamin pemenuhan hak-hak anak.

"Hak - hal ini seperti atas hidup, tumbuh, dan berkembang sebagaimana mestinya, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," ujarnya, Selasa (23/07).

BACA JUGA:Cegah Polio, Kadinkes Basel Ajak Masyarakat Untuk Imunisasi Anak

BACA JUGA:Zonasi Dianggap Jauh, 36 Anak Desa Tepus Terancam Tak Sekolah, Orang Tua Turun Demo

Disebutkan Wabup Debby, ia selalu berharap anak - anak dimanapun berada dapat memperoleh haknya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik serta maksimal.

Ditekankannya, kebahagian anak turut menjadi tanggung jawab bukan hanya orang tua, tetapi masyarakat sekitar, sekolah, pemerintah juga menjadi satu kesatuan bagi anak dengan harapan, anak - anak ini dapat menjadi generasi penerus yang cemerlang di masa depan.

"Kebahagian anak ini bukan hanya tanggung jawab orang tua, tetapi lingkungan sekitar juga berpengaruh dengan kebahagian para anak - anak ini," sebutnya.

BACA JUGA:Marak Kasus Seksual Terhadap Anak di Basel, Ini Kata Dosen Sosiologi UBB

BACA JUGA:Kasus Persetubuhan Anak Bawah Umur, DSPPPA Basel Lakukan Ini

Saat ini jelasnya, ada beberapa peran pemda, pertama, pihaknya bersama bidang PPPA Dinsos giat melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak ke sekolah yang dilakukan setiap bulan dan aktif melakukan pendampingan kepada anak yang mengalami kekerasan.

Keaktifan dari Forum Anak, Duta Genre, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah juga menjadi sebuah bagian penting dalam melakukan sosialisasi terhadap anak.

"Untuk meningkatkan kapasitas anak - anak di Basel kami memfasilitasi melalui forum anak daerah, melalui kegiatan peningkatan kapasitas forum anak daerah (FAD) dan Peringatan Hari Anak Nasional, semoga seluruh anak - anak di Kabupaten Basel memiliki hak yang sama yakni, tumbuh kembang, dan kota layak anak," pungkasnya.

BACA JUGA:Ada Peningkatan Pasien DBD di RSUD Basel, Mayoritas Anak-anak

Kategori :