Kemenkumham Babel Gelar Rakor Evaluasi Capaian Kinerja, Ini Tujuannnya

Sabtu 13-07-2024,10:02 WIB
Reporter : Humas Kanwil KemenkumHAM Babel
Editor : Tuspen Martutansri

PANGKALPINANG – Berkomitmen hasilkan capaian kinerja yang semakin berkualitas, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi dan Capaian Kinerja Semester I Tahun 2024 di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, pada 11-12 Juli 2024.

Membuka kegiatan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel yang diwakili Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Dwi Harnanto menuturkan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi mandat atas kinerja yang telah dan seharusnya dicapai. 

Selain itu, sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi Satuan Kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung sehingga makin meningkatkan kinerjanya. Kegiatan ini juga sebagai bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang telah dilaksanakan. 

“Ini juga untuk mendorong agar tugas dilaksanakan secara transparan, efisen dan efektif sesuai dengan prinsip kepemerintahan yang baik,” ujar Dwi.

Kadivmin Dwi melanjutkan, rakor ini harus menghasilkan manfaat seperti terwujudnya akuntabilitas instansi, juga terwujudnya pertanggungjawaban kinerja. Lalu tercapainya kehematan, efisiensi, efektivitas dan perbaikan perencanaan.

Pada kesempatan ini, turut disampaikan materi terkait Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2024 oleh Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran ID Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Babel, Nara Siswanto. Ia menyampaikan 4 poin penting, yaitu Pendahuluan dan Posisi Indikator Pelaksanaan Kegiatan (IKPA) Triwulan II 2024, Review Tata Cara Perhitungan Per Indikator, Evaluasi IKPA 2023 dan Triwulan II 2024, serta Strategi Pencapaian IKPA Optimal.

“Untuk nilai IKPA di Kanwil Kemenkumham Babel hingga saat ini sudah cukup baik, namun tantangannya yaitu bagaimana mempertahankan nilai IKPA tersebut dapat bernilai baik sampai akhir tahun,” ujar Nara.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel Harun Sulianto menuturkan, kegiatan ini merupakan sarana bagi Kantor Wilayah dan Satuan Kerja dalam mengevaluasi kinerja selama Semester I. Selanjutnya akan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan capaian kinerja semester II tahun 2024.

Dalam rakor ini, para Kepala Bagian/ Bidang di Kanwil dan 11 Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi berkesempatan memaparkan capaian kinerjanya. Adapun materi yang dipaparkan terkait dengan Capaian Rencana Aksi Semester I 2024, Capaian Perjanjian Kinerja Semester I 2024, Capaian Realisasi Anggaran Semester I 2024, Nilai IKPA Semester I 2024, Nilai SMART dan e-Monev Bappenas Semester I 2024, serta Strategi Pelaksanaan Anggaran Semester II 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta, diantaranya yaitu Kepala Bagian Program dan Humas (Sugeng Krisdwiyanto), Kepala Bagian Umum (N.A Triandini Oscar), Kepala Bidang Keamanan (Andi Yudho), Kepala Bidang Inteldakim (Edy Firyan), Kepala Bidang Hukum (Eko Saputro), Kepala Lapas Pangkalpinang (Badarudin), Kepala Kanim Pangkalpinang (Alimuddin), Kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang (Nur Bambang), Kepala Lapas Tanjungpandan (Gowim Mahali), Kepala Kanim Tanjungpandan (Rahmad Suharto), Plt. Kepala LPKA Pangkalpinang (Ridha Ansarii), Kepala Bapas Pangkalpinang (Andriyas Dwi Pujoyanto), Kepala Rutan Muntok (Achmad Adriyan), Kepala LPP Pangkalpinang (Hani Anggraeni), Kepala Rupbasan Pangkalpinang (M. Anwar), serta pegawai Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis.

Kategori :