BLK on the Spot, Inovasi Disnaker Babel

Kamis 11-07-2024,18:51 WIB
Reporter : Julian
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Peningkatan pelayanan terus menjadi prioritas utama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bangka Belitung (Babel). Terkhusus pelayanan pemberian pelatihan, Disnaker Babel mempunyai inovasi Balai Latihan Kerja (BLK) on the Spot.

Kepala Disnaker Babel Elius Gani menjelaskan, bahwa BLK on the Spot ini sudah berjalan. Bahkan sudah menyasar ke Balai Pemasyarakatan lewat kerja sama yang dijalin oleh kedua pihak. "Disini kami menyiapkan pembimbingnya, pengajar yang mendatangi langsung lokasi. Memberikan pelatihan sesuai kebutuhan," jelasnya, Kamis (11/7).

Pihak mana pun bisa mendapatkan pelatihan, termasuk pemerintahan di desa jika memang dibutuhkan untuk memberdayakan masyarakatnya guna mendapatkan keahlian yang diminati. "Kami sangat terbuka untuk hal ini, jika memang dirasakan bermanfaat," tuturnya.

BACA JUGA:Ini Fokus Bawaslu Babel Saat Awasi Tahapan Coklit

BACA JUGA:Peringatan HANI 2024, Lapas Narkotika Pangkalpinang Terima Penghargaan Program P4GN dari BNNP Babel

Diakui Elius, bahwa standar pelayanan Disnaker Babel sendiri sudah melalui konsultasi publik berkaitan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam forum konsultasi ini thadir sejumlah peserta diantara para akademisi, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), instansi terkait dan instansi internal Disnaker. 

Elius menerangkan, untuk pembuatan SOP sebagai standarisasi yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya. "Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, pelaksanaan dan tanggungjawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan," ujar Elius.

BACA JUGA:Kinerja Naik 15,3 Persen BSI Prioritas Dapat Award International

Melalui SOP yang jelas pihaknya juga mengungkapkan hal tersebut menjadi pedoman, bagi para pegawai untuk menghindari adanya kesalahan dalam menjalani tugasnya. "Memperjelas alur tugas dan wewenang dan tanggungjawab dari pegawai terkait, lalu juga melindungi organisasi unit kerja dan pegawai dari kesalahan administratif," tuturnya. 

Lebih lanjut untuk standar pelayanan, Elius Gani menggunakan hal tersebut penting dilakukan sebagai acuan dalam penilaian kinerja terutama meningkatkan kualitas pelayanan. 

BACA JUGA:Simpan 61 Paket Sabu Siap Edar, Remaja Putus Sekolah di Pangkalpinang Ditangkap Polresta Pangkalpinang

"Standar pelayanan ini penting makanya kita mengajak beberapa pihak, untuk memberikan saran dan masukan agar pelayanan kami dapat terus lebih baik kedepannya. Baik itu dari penyelenggara, aparat pengawasan dan masyarakat sebagai pengguna layanan harus merasakan pelayanan yang baik oleh Disnaker," jelasnya.(jua)

Kategori :