Peringati Tahun Baru Islam 1446H dan Hari Anak Nasional, YBM PLN Babel Gelar Khitan Sehat Gratis Anak Dhuafa

Kamis 11-07-2024,10:12 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung mengelar Khitan sehat gratis untuk anak dhuafa dalam rangka memperingati hari Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446H dan Hari Anak Nasional yang puncaknya pada tanggal 23 Juli 2024 mendatang.  

Kegiatan ini dilaksanakan YBM PLN UIW Babel didua lokasi yakni di Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di Pulau Bangka sendiri YBM PLN UIW Babel bekerjasama dengan Sunat Center Al-Fatih Pangkalpinang. 

Sebanyak 70 anak yang berasal dari keluarga prasejahtera yang berusia dari 2 sampai dengan 12 tahun mendapatkan kesempatan sunat sehat gratis bersama YBM PLN tahun ini. Khitan merupakan praktik yang penting bagi anak laki-laki muslim karena dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko infeksi dimasa depan. 

BACA JUGA: Sidang Akhi, Saksi Bilang HP Bukan Dirusak, Aon Tolak Jadi Saksi

Ketuan YBM PLN Babel, Adhy Setiawan mengatakan bahwa YBM PLN merupakan lembaga yang mengelola zakat dari potongan penghasilan pegawai PLN setiap bulan, selanjutnya akan disalurkan kembali untuk berbagai kegiatan, salah satunya adalah khitan yang merupakan bagian dari pilar kesehatan YBM.

“Kegiatan khitan sehat gratis ini akan dilaksanakan serentak di seluruh unit PLN se-Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan agenda rutin YBM setiap tahunnya dan biasanya dilaksanakan pada saat libur sekolah kenaikan kelas atau tahun ajaran baru. Khitan merupakan sunnah yang sangat dianjurkan bagi laki-laki muslim, serta memiliki banyak manfaat. Semoga anak-anak kita dapat tumbuh sehat, cerdas, dan menjadi pribadi yang bertaqwa,” ujar Adhy dalam keterangan resminya, Kamis (11/7/2024). 

BACA JUGA:588 Calon Mahasiswa Baru UBB Lolos Jalur SMMPTN Konsorsium BKS PTN-Barat

Adhi menambahkan anak-anak yang telah selesai melaksanakan khitan diberikan bingkisan dari YBM PLN UIW Babel.

“Tidak hanya mendapatkan khitan gratis, anak-anak juga diberikan bingkisan berupa Tas sekolah, Sarung, celana khitan dan peci," tambah Adhy. 

Sementara pengelola Sunat Center Al-Fatih Pangkalpinang, dr Muhammad Febri dalam sambutannya menjelaskan tahapan proses khitan dan tata cara perawatan pasca khitan kepada para orang tua dan anak-anak.

BACA JUGA:Prodi BISDIG UBB Bersama Pertamina Patra Niaga Gelar Pelatihan Transformasi Bisnis Berbasis Digital

“Di Sunat Center Al-Fatih Pangkalpinang, metode sunat yang kita gunakan merupakan metode terkini. Jadi Para orang tua tidak perlu sungkan untuk bertanya terkait pasca khitan, orang tua dapat berkonsultasi melalui WA Sunat Center Al-Fatih silahkan kirim foto tentang keluhannya jika ada yang perlu ditindaklanjuti silahkan datang ke klinik,” katanya.

Salah satu orang tua peserta, Ibu Rina, mengucapkan terima kasih kepada YBM PLN UIW Babel atas bantuan yang telah diberikan, dengan bantuan ini kami sangat meras terbantu.

BACA JUGA:Dikalahkan Gol Cantik Inggris, Ini Kata Pelatih Belanda

“Semoga setelah khitan, anak saya menjadi lebih dewasa, rajin beribadah, dan berbakti kepada orang tua. Terima kasih kepada seluruh muzakki YBM PLN Babel atas bantuannya. Semoga Bapak/Ibu semuanya diberkahi, sehat, dan dipermudah urusannya oleh Allah Subhanahu Wata’ala,” kata Ibu Rina.

Kategori :