Bekali FKPM Kasat Binmas Polres Bangka Barat Datangi Desa Sekar Biru

Rabu 10-07-2024,22:40 WIB
Reporter : Husni
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PARITTIGA - Polri bersama pemerintah Desa Sekar Biru Kecamatan Parittiga membentuk kepengurusan dan pembinaan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) untuk menyediakan wadah penghubung antar masyarakat dan kepolisian Rabu (10/7/2024) di Kantor Desa setempat.

Pertemuan ini dihadiri Kepala Desa beserta Perangkat, Kasat Binmas Polres Bangka Barat, Ketua BPD beserta anggotanya, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Ketua RT dilingkungan Desa Sekar Biru.

FKPM dibuat sebagai payung hukum penyelesaian masalah di Desa Sekar Biru yang menjadi wadah kerjasama kemitraan antara Polisi dan masyarakat untuk memecahkan persoalan sosial yang dapat berakibat menjadi gangguan Kamtibmas.

BACA JUGA:HUT RSUD Kriopanting ke 5, Ada Senam Sehat dan Dooprizenya, Yuk Ikut...

Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah SIK melalui Kasat Binmas AKP Edward menyampaikan dalam menghadapi masalah Kamtibmas, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah melakukan suatu tindakan pencegahan dan penanggulangan agar tidak terganggunya keamanan masyarakat, yang hal ini merupakan bagian dari kebijakan dan bagian tugas Polisi sebagai aparat penegak hukum.

Edward menambahkan bahwa ,FKPM adalah organisasi independen yang dikelola dan ditata secara bersama oleh warga masyarakat dan polisi.“Nantinya dapat membantu memberikan kebijakan atau pendapat dalam penyelenggaraan ketertiban, keamanan sehingga akan meningkatkan kualitas pelayanan polisi pada masyarakat luas,” ucapnya.

BACA JUGA: Sidang Akhi, Saksi Bilang HP Bukan Dirusak, Aon Tolak Jadi Saksi

Ia juga berpendapat bahwa kehadiran FKPM diperlukan guna mencari solusi atau pemecahan masalah sebelum lanjut ke ranah hukum.“Contohnya permasalahan kecil yang terjadi di masyarakat misalnya perselisihan, pertentangan, ketidaknyamanan haruslah bisa diselesaikan secara kekeluargaan melalui FKPM ini sebelum melebar ke masalah hukum yang berujung pada pelaporan ke pihak kepolisian,” terangnya.

Edwar berharap selain menjadi fasilitator antara polri dan masyarakat, FKPM juga dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum di masyarakat, serta membantu mencegah terjadinya kejahatan ataupun pelanggaran di wilayah Desa Sekar Biru."Demi terciptanya rasa aman dan damai pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan di wilayah Desa Sekar Biru,"harapnya.

Kategori :