Kuatkan Kemampuan Perangkat Desa Untuk Dukung Pembangunan

Rabu 10-07-2024,11:44 WIB
Reporter : Tim/Ant
Editor : Govin

BABELPOS.ID, MENTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat memperkuat keterampilan para perangkat desa dalam mengelola perencanaan agar mampu menyusun program dan kegiatan yang dapat mendukung gerak pembangunan daerah yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Stafsus Menkumham Fajar Lase Beri Penguatan kepada Jajaran Lapas Narkotika Pangkalpinang

"Dalam kegiatan rapat bina pamong yang kita gelar secara berkala ini selain untuk mengeratkan silaturahim juga untuk memberikan masukan kepada para perangkat desa agar semakin tanggap menerima masukan dari masyarakat dan menindaklanjuti aspirasi tersebut," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Selasa (9/7).

Pada kegiatan rapat bina pamong atau yang biasa disebut Bangka Barat Betason juga menjadi wadah untuk saling bertukar informasi dari pemerintah daerah kepada masyarakat kecamatan dan desa terkait program dan kegiatan pemerintah daerah. 

BACA JUGA:OJK Sumsel Babel Gelar Media Gathering di Yogyakarta,Sampaikan Perkembangan Kinerja Lembaga Jasa Keuangan 2024

"Kita laksanakan Bangka Barat Betason terakhir di Desa Tanjung Niur, Kecamatan Tempilang, bersama warga dan perangkat desa, beberapa hari lalu," ujarnya.

Menurut Sukirman, kedekatan antara pejabat pemerintah dengan warga penting untuk terus ditingkatkan agar terjadi kolaborasi yang baik dalam menyusun program pembangunan dan menjalankan dalam bentuk kegiatan yang benar-benar bermanfaat dan sesuai kebutuhan masyarakat di desa masing-masing.

BACA JUGA:Kepala OJK Sumsel Babel Arifin Susanto Ingin Kembalikan Kejayaan Kopi Sriwijaya, Begini Strateginya

"Kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, pemerintah kecamatan dan desa dengan dukungan penuh dari warga penting untuk mencapai pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan," katanya.

Dalam pertemuan itu, kata dia, berbagai informasi dan aspirasi bisa disampaikan dengan lebih leluasa sehingga memperkuat kemitraan strategis dan akan memudahkan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembangunan dan lainnya.

BACA JUGA:Belitong Expo 2024 Selesai Digelar,PLN Berhasil Probing Pelanggan Tingkatkan Penjualan dan Pengguna PLN Mobile

Menurut dia, keberhasilan pembangunan tidak akan optimal bila tidak ada kedua belah pihak, yaitu pemerintah dan partisipasi masyarakat.

"Kedua belah pihak harus mampu menciptakan sinergi sebab tanpa adanya keterlibatan masyarakat maka pencapaian hasil tidak akan optimal," katanya.

Masyarakat juga memberikan apresiasi terhadap pola yang selama ini sudah dilakukan Pemkab bangka Barat melalui kegiatan Bangka Barat Betason sebagai salah satu langkah konkrit memajukan kecamatan dan desa.(ant)

Kategori :