BABELPOS.ID, TOBOALI – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemkab Bangka Selatan bersama Ombudsman Babel melaksanakan kegiatan pendampingan pelayanan publik yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gunung Namak, Kantor Bupati Bangka Selatan, Senin (11/06/2024). Pemkab Bangka Selatan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik, termasuk pengelolaan pengaduan masyarakat.
Pendampingan pelayanan publik bertujuan agar instansi-instansi yang menyelenggarakan pelayanan dasar dapat melaksanakan tugas pelayanan secara prima. Pelayanan publik yang prima merupakan bagian dari reformasi birokrasi termasuk didalamnya penguatan pengelolaan pengaduan masyarakat. Para peserta yang hadir dalam kegiatan pendampingan pelayanan publik meliputi Dinas Pendidikan, Dinas PTSP, Dinas Capil, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Puskemas Rias dan Puskesmas Payung. BACA JUGA:Ini Program Layanan RSUD Kriopanting Pada Aik Bakung BACA JUGA:Selamat... Polres Basel Raih Juara 3 Pelayanan Publik Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Bangka Selatan, Haris Setiawan menyampaikan agar para peserta pendampingan pelayanan publik secara serius mendengarkan dan memperhatikan materi-materi yang disampaikan oleh Ombudsman. “Tujuan utama pendampingan pelayanan publik tidak sekedar pada pencapaian nilai kepatuhan saja, tetapi juga komitmen penyelenggara pelayanan publik untuk terus meningkatkan dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, termasuk pengelolaan pengaduan masyarakat," ungkap Haris. Ombudsman Babel menekankan inti dari pendampingan pelayanan publik adalah mendorong kesadaran penyelenggara layanan agar patuh terhadap implementasi UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sekaligus impelemtasi tata kelola pengelolaan pengaduan masyarakat sebagaimana diatur dalam Perpres 76 Tahun 2013. “Ombudsman Babel menilai kepatuhan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bangka Selatan sudah sangat baik, namun ada beberapa yang perlu ditingkatkan seperti komitmen untuk mendokumentasi setiap kegiatan pengawasan internal dan pembinaan pengelola pengaduan," ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Shulby Yozar. Pendampingan pelayanan publik juga mendorong Puskesmas Rias dan Puskesmas Payung untuk dapat memperhatikan beberapa aspek kepatuhan pelayanan publik, mengingat dua puskesmas tersebut akan dinilai pada tahun 2024. BACA JUGA:Punya 74 Ruang Rawat Inap Baru, Peningkatan Pelayanan Jadi Prioritas RSUD Basel BACA JUGA:Aik Bakung Sambangi Desa Payung, Beri Semua Pelayanan Untuk Masyarakat Yozar menuturkan masih ada kelemahan pada pengelolaan pengaduan pemkab Bangka Selatan, tentunya ini yang menjadi fokus perhatian Ombudsman Babel untuk melakukan pendampingan. “Pendampingan pelayanan publik salah satunya terkait pengelolaan pengaduan dianggap penting untuk dilakukan. Berdasarkan hasil penilaian kepatuhan, ada kecenderungan tata kelola pengelola pengaduan masih belum optimal apabila dilihat dari segi tugas dan kewenagan penyelenggara pelayanan publik”, tutur Yozar. Ombudsman Babel turut memberikan simulasi kepada pada para peserta mengenai tata cara dan mekanisme pengelolaan pengaduan sehingga dapat diaplikasikan secara baik. “Simulasi pengelolaan pengaduan ini sebagai bagian dari upaya Ombudsman mendorong kesadaran penyelenggara pelayanan agar memahami kewajiban untuk menyediakan sarana dan prasarana pengaduan serta memiliki petugas yang kompeten sebagai diatur dalam pasal 36 UU 25 Tahun 2009," tutup Yozar.(*) BACA JUGA:Naik Drastis, Kini Pemkab Basel Raih Predikat Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tingkat Kepatuhan Tertinggi BACA JUGA:Penting Diketahui! Ini 5 Aplikasi Layanan Publik Pemkab BaselKomitmen Tingkatkan Pelayanan Publik, Ombudsman Babel Dampingi Pemkab Bangka Selatan
Selasa 11-06-2024,11:19 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal
Tags : #shulby yozar ariadhy
#plt sekda basel
#pendampingan
#pemkab basel
#ombudsman babel
#layanan publik
#haris setiawan
Kategori :
Terkait
Rabu 26-03-2025,12:48 WIB
Pemkab Basel Sudah Anggarkan Belasan Miliar Untuk Pembayaran THR
Jumat 14-03-2025,14:41 WIB
Fenomena ASN Pemkab Basel Live Tiktok Saat Jam Kerja, Kurniawan : Tolong Profesional Kerja
Kamis 06-03-2025,14:55 WIB
Ombudsman Jemput Bola Layanan Aduan ke Persatuan Tunanetra Indonesia Babel
Rabu 05-03-2025,12:21 WIB
Pemkab Basel Gelar Operasi Pasar Murah, Ini Rincian Harganya
Jumat 21-02-2025,19:42 WIB
Ombudsman Babel Minta Konsolidasikan Data Penyaluran BBM Bersubsidi Bagi Nelayan
Terpopuler
Kamis 27-03-2025,21:20 WIB
Akpol Lulusan 2006 Pimpin Polres Basel, Ini Fokus Awalnya
Kamis 27-03-2025,21:15 WIB
Pj.Walikota Pangkalpinang Sampaikan LKPJ TA.2024 ke DPRD Dengan Capaian Berhasil
Kamis 27-03-2025,21:09 WIB
Tips PLN Amankan Listrik Rumah Saat Mudik Lebaran 2025
Jumat 28-03-2025,11:30 WIB
15 Kapal Feri Layani Penyeberangan Tanjungkalian - Tanjungapi-api
Jumat 28-03-2025,13:10 WIB
Beri Kenyamanan Pemudik, ASDP Bangka Siapkan Berbagai Fasilitas Pendukung
Terkini
Jumat 28-03-2025,20:28 WIB
Puncak Arus Mudik, Express Bahari 3 E Berangkatkan 375 Penumpang
Jumat 28-03-2025,20:25 WIB
90 Penerbangan Ekstra Mudik Idulfitri dan Cheng Beng di Bandara Depati Amir
Jumat 28-03-2025,18:31 WIB
Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2025, BRI Bangun Posko Mudik BUMN di Bandara dan Rest Area Jalan Tol
Jumat 28-03-2025,17:19 WIB
Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Timah Grup Tebarkan Manfaat untuk Masyarakat
Jumat 28-03-2025,17:17 WIB