BABELPOS.ID, TOBOALI – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemkab Bangka Selatan bersama Ombudsman Babel melaksanakan kegiatan pendampingan pelayanan publik yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gunung Namak, Kantor Bupati Bangka Selatan, Senin (11/06/2024). Pemkab Bangka Selatan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik, termasuk pengelolaan pengaduan masyarakat.
Pendampingan pelayanan publik bertujuan agar instansi-instansi yang menyelenggarakan pelayanan dasar dapat melaksanakan tugas pelayanan secara prima. Pelayanan publik yang prima merupakan bagian dari reformasi birokrasi termasuk didalamnya penguatan pengelolaan pengaduan masyarakat. Para peserta yang hadir dalam kegiatan pendampingan pelayanan publik meliputi Dinas Pendidikan, Dinas PTSP, Dinas Capil, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Puskemas Rias dan Puskesmas Payung. BACA JUGA:Ini Program Layanan RSUD Kriopanting Pada Aik Bakung BACA JUGA:Selamat... Polres Basel Raih Juara 3 Pelayanan Publik Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Bangka Selatan, Haris Setiawan menyampaikan agar para peserta pendampingan pelayanan publik secara serius mendengarkan dan memperhatikan materi-materi yang disampaikan oleh Ombudsman. “Tujuan utama pendampingan pelayanan publik tidak sekedar pada pencapaian nilai kepatuhan saja, tetapi juga komitmen penyelenggara pelayanan publik untuk terus meningkatkan dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, termasuk pengelolaan pengaduan masyarakat," ungkap Haris. Ombudsman Babel menekankan inti dari pendampingan pelayanan publik adalah mendorong kesadaran penyelenggara layanan agar patuh terhadap implementasi UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sekaligus impelemtasi tata kelola pengelolaan pengaduan masyarakat sebagaimana diatur dalam Perpres 76 Tahun 2013. “Ombudsman Babel menilai kepatuhan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bangka Selatan sudah sangat baik, namun ada beberapa yang perlu ditingkatkan seperti komitmen untuk mendokumentasi setiap kegiatan pengawasan internal dan pembinaan pengelola pengaduan," ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Shulby Yozar. Pendampingan pelayanan publik juga mendorong Puskesmas Rias dan Puskesmas Payung untuk dapat memperhatikan beberapa aspek kepatuhan pelayanan publik, mengingat dua puskesmas tersebut akan dinilai pada tahun 2024. BACA JUGA:Punya 74 Ruang Rawat Inap Baru, Peningkatan Pelayanan Jadi Prioritas RSUD Basel BACA JUGA:Aik Bakung Sambangi Desa Payung, Beri Semua Pelayanan Untuk Masyarakat Yozar menuturkan masih ada kelemahan pada pengelolaan pengaduan pemkab Bangka Selatan, tentunya ini yang menjadi fokus perhatian Ombudsman Babel untuk melakukan pendampingan. “Pendampingan pelayanan publik salah satunya terkait pengelolaan pengaduan dianggap penting untuk dilakukan. Berdasarkan hasil penilaian kepatuhan, ada kecenderungan tata kelola pengelola pengaduan masih belum optimal apabila dilihat dari segi tugas dan kewenagan penyelenggara pelayanan publik”, tutur Yozar. Ombudsman Babel turut memberikan simulasi kepada pada para peserta mengenai tata cara dan mekanisme pengelolaan pengaduan sehingga dapat diaplikasikan secara baik. “Simulasi pengelolaan pengaduan ini sebagai bagian dari upaya Ombudsman mendorong kesadaran penyelenggara pelayanan agar memahami kewajiban untuk menyediakan sarana dan prasarana pengaduan serta memiliki petugas yang kompeten sebagai diatur dalam pasal 36 UU 25 Tahun 2009," tutup Yozar.(*) BACA JUGA:Naik Drastis, Kini Pemkab Basel Raih Predikat Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tingkat Kepatuhan Tertinggi BACA JUGA:Penting Diketahui! Ini 5 Aplikasi Layanan Publik Pemkab BaselKomitmen Tingkatkan Pelayanan Publik, Ombudsman Babel Dampingi Pemkab Bangka Selatan
Selasa 11-06-2024,11:19 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal
Tags : #shulby yozar ariadhy
#plt sekda basel
#pendampingan
#pemkab basel
#ombudsman babel
#layanan publik
#haris setiawan
Kategori :
Terkait
Jumat 04-07-2025,21:52 WIB
Pemkab Basel Raih WTP Keenam Berturut, Ini Kata Bupati dan Ketua DPRD
Rabu 25-06-2025,17:53 WIB
Ombudsman Babel Apresiasi Keseriusan Pemda Basel Optimalisasi Kelola Sampah
Rabu 25-06-2025,17:32 WIB
Pemkab Basel Jamin Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Pulau Kelapan
Kamis 19-06-2025,16:27 WIB
Optimalkan Layanan Publik Bagi Masyarakat Pedesaan, Ombudsman Babel Gandeng APDESI Bangka Tengah
Kamis 12-06-2025,19:26 WIB
Temuan Ombudsman Babel Terkait SPMB 2025/2026: Favoritisme Sekolah Bikin Overload Pendaftaran
Terpopuler
Sabtu 19-07-2025,12:57 WIB
Spesifikasi dan Harga Motorola Edge 60 Pro di Indonesia
Sabtu 19-07-2025,10:45 WIB
Lampaui Target Presiden, Kemenkum Sahkan 80.068 Koperasi Merah Putih Melalui Sistem AHU Online
Sabtu 19-07-2025,10:15 WIB
Transformasi Ekonomi Bangka Belitung
Sabtu 19-07-2025,18:54 WIB
Grup RS Siloam Menambah Fasilitas Layanan Poliklinik
Sabtu 19-07-2025,16:17 WIB
Kasus Terbakarnya Xenia Mulai Terungkap, Begini Upaya Penyelidikan Satreskrim Polresta Pangkalpinang
Terkini
Sabtu 19-07-2025,19:13 WIB
Mitsubishi All-new Destinator Siap Masuk Indonesia, Begini Spesifikasi SUV Premium Keluarga Ini
Sabtu 19-07-2025,18:54 WIB
Grup RS Siloam Menambah Fasilitas Layanan Poliklinik
Sabtu 19-07-2025,16:27 WIB
Royal Enfield Classic 650 Hadir di Indonesia, Segini Harganya
Sabtu 19-07-2025,16:17 WIB
Kasus Terbakarnya Xenia Mulai Terungkap, Begini Upaya Penyelidikan Satreskrim Polresta Pangkalpinang
Sabtu 19-07-2025,16:03 WIB