BABELPOS.ID, TOBOALI – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemkab Bangka Selatan bersama Ombudsman Babel melaksanakan kegiatan pendampingan pelayanan publik yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gunung Namak, Kantor Bupati Bangka Selatan, Senin (11/06/2024). Pemkab Bangka Selatan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik, termasuk pengelolaan pengaduan masyarakat.
Pendampingan pelayanan publik bertujuan agar instansi-instansi yang menyelenggarakan pelayanan dasar dapat melaksanakan tugas pelayanan secara prima. Pelayanan publik yang prima merupakan bagian dari reformasi birokrasi termasuk didalamnya penguatan pengelolaan pengaduan masyarakat. Para peserta yang hadir dalam kegiatan pendampingan pelayanan publik meliputi Dinas Pendidikan, Dinas PTSP, Dinas Capil, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Puskemas Rias dan Puskesmas Payung. BACA JUGA:Ini Program Layanan RSUD Kriopanting Pada Aik Bakung BACA JUGA:Selamat... Polres Basel Raih Juara 3 Pelayanan Publik Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Bangka Selatan, Haris Setiawan menyampaikan agar para peserta pendampingan pelayanan publik secara serius mendengarkan dan memperhatikan materi-materi yang disampaikan oleh Ombudsman. “Tujuan utama pendampingan pelayanan publik tidak sekedar pada pencapaian nilai kepatuhan saja, tetapi juga komitmen penyelenggara pelayanan publik untuk terus meningkatkan dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, termasuk pengelolaan pengaduan masyarakat," ungkap Haris. Ombudsman Babel menekankan inti dari pendampingan pelayanan publik adalah mendorong kesadaran penyelenggara layanan agar patuh terhadap implementasi UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sekaligus impelemtasi tata kelola pengelolaan pengaduan masyarakat sebagaimana diatur dalam Perpres 76 Tahun 2013. “Ombudsman Babel menilai kepatuhan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bangka Selatan sudah sangat baik, namun ada beberapa yang perlu ditingkatkan seperti komitmen untuk mendokumentasi setiap kegiatan pengawasan internal dan pembinaan pengelola pengaduan," ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Shulby Yozar. Pendampingan pelayanan publik juga mendorong Puskesmas Rias dan Puskesmas Payung untuk dapat memperhatikan beberapa aspek kepatuhan pelayanan publik, mengingat dua puskesmas tersebut akan dinilai pada tahun 2024. BACA JUGA:Punya 74 Ruang Rawat Inap Baru, Peningkatan Pelayanan Jadi Prioritas RSUD Basel BACA JUGA:Aik Bakung Sambangi Desa Payung, Beri Semua Pelayanan Untuk Masyarakat Yozar menuturkan masih ada kelemahan pada pengelolaan pengaduan pemkab Bangka Selatan, tentunya ini yang menjadi fokus perhatian Ombudsman Babel untuk melakukan pendampingan. “Pendampingan pelayanan publik salah satunya terkait pengelolaan pengaduan dianggap penting untuk dilakukan. Berdasarkan hasil penilaian kepatuhan, ada kecenderungan tata kelola pengelola pengaduan masih belum optimal apabila dilihat dari segi tugas dan kewenagan penyelenggara pelayanan publik”, tutur Yozar. Ombudsman Babel turut memberikan simulasi kepada pada para peserta mengenai tata cara dan mekanisme pengelolaan pengaduan sehingga dapat diaplikasikan secara baik. “Simulasi pengelolaan pengaduan ini sebagai bagian dari upaya Ombudsman mendorong kesadaran penyelenggara pelayanan agar memahami kewajiban untuk menyediakan sarana dan prasarana pengaduan serta memiliki petugas yang kompeten sebagai diatur dalam pasal 36 UU 25 Tahun 2009," tutup Yozar.(*) BACA JUGA:Naik Drastis, Kini Pemkab Basel Raih Predikat Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tingkat Kepatuhan Tertinggi BACA JUGA:Penting Diketahui! Ini 5 Aplikasi Layanan Publik Pemkab BaselKomitmen Tingkatkan Pelayanan Publik, Ombudsman Babel Dampingi Pemkab Bangka Selatan
Selasa 11-06-2024,11:19 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal
Tags : #shulby yozar ariadhy
#plt sekda basel
#pendampingan
#pemkab basel
#ombudsman babel
#layanan publik
#haris setiawan
Kategori :
Terkait
Selasa 14-10-2025,15:10 WIB
Enam Pejabat Eselon II Dinonjobkan, Posisi Diisi PLT, Ini Daftarnya
Jumat 10-10-2025,17:37 WIB
Bukan Mengundurkan Diri, 6 Pejabat Eselon II Basel Dinonjobkan
Jumat 10-10-2025,13:46 WIB
Enam Pejabat Eselon II Serentak Mengundurkan Diri, Dua Belum Tanda Tangan
Kamis 09-10-2025,14:42 WIB
BNN Provinsi, Pemkab Basel dan Kwarda Pramuka, Bentuk Saka Anti Narkoba, Ini Tujuannya
Selasa 07-10-2025,19:16 WIB
Ombudsman Babel Kukuhkan Komunitas Anti Maladministrasi (KAMi) Bangka Belitung
Terpopuler
Senin 13-10-2025,21:49 WIB
Kanwil Kemenkum Babel Ikuti Peresmian Posbankum dan Pembukaan Pelatihan Paralegal di Maluku Utara
Selasa 14-10-2025,07:52 WIB
Pelantikan Wali Kota dan Wali Kota Pangkalpinang Disiarkan Streaming Youtube
Selasa 14-10-2025,00:21 WIB
PT Timah Tbk Beberkan Soal Kaji Ulang Kemitraan Penambangan
Selasa 14-10-2025,10:42 WIB
Duarrr... KM Nur Aini dengan 4 Nelayan Disambar Petir di Pantai Pesaren
Selasa 14-10-2025,12:21 WIB
PLN Babel Ajak Masyarakat Menjalin Kebersamaan dan Kebahagiaan di Hari Listrik Nasional ke-80
Terkini
Selasa 14-10-2025,20:32 WIB
Kasus KONI Pangkalpinang Resmi Naik Penyidikan di Kejari Pangkalpinang
Selasa 14-10-2025,18:43 WIB
Dukung UMKM Naik Kelas, PT TIMAH Tbk Bekali UMKM Pahami Pengelolaan Keuangan
Selasa 14-10-2025,18:38 WIB
Sosialisasi Kekayaan Intelektual: Kanwil Kemenkum Babel Gandeng Universitas Bangka Belitung (UBB)
Selasa 14-10-2025,18:34 WIB
34 Merek Pelaku Usaha Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Bangka Telah Terdaftar
Selasa 14-10-2025,18:31 WIB