Di Hari Pahlawan, Begini Pesan Dandim dan Wabup Bangka Barat

Jumat 10-11-2023,19:51 WIB
Reporter : Husni
Editor : Babelpos

MENTOK - Jajaran Forkopimda Bangka Barat laksanakan upacara Prosesi Tabur Bunga peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023, di kawasan Pelabuhan Peltim Mentok pada Jumat (10/11/2023).

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0431/Bangka Barat (Babar) Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval bertindak sebagai Inspektur Upacara tersebut. 

Kegiatan itu dilaksanakan usai upacara bendera penyaluran santunan atau tali asih kepada belasan veteran di Lapangan Atletik Pemkab Babar. 

Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam kemerdekaan Indonesia dalam momentum hari pahlawan ini. 

"Pahlawan sudah berjuang, korbankan jiwa dan raga, tak kenal lelah, takut untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sekarang kita generasi penerusnya hanya tinggal mengisi kemerdekaan," ujar Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval. 

Nauval meminta masyarakat untuk tak mudah terpecah belah di tengah situasi tahun politik saat ini. Hargai perbedaan politik dan pilihan masing-masing. Jangan sampai karena isu sara, negara ini hancur sedangkan pahlawan telah mati-matian berjuang. 

"Untuk generasi penerus, kawula muda harus lebih kuat mental. Kemerdekaan ini harus diisi dengan inovasi, tingkatkan wawasan kalian supaya para pejuang terdahulu tidak kecewa dengan generasi sekarang. Maka, ayo cintai bangsamu," ungkapnya. 

Sementara itu, Wabup Babar Bong Ming Ming menyebut upacara prosesi tabur bunga ini memang diperingati setiap tahun. Namun, yang paling utama itu memaknai hari pahlawan dan menjadi momentum semangat mengisi kemerdekaan. 

"Inti dan makna dari kegiatan ini adalah bagaimana kita mendoakan pahlawan, mengambil hikmah atas perjuangan mereka. Ada mungkin yang berperan tidak begitu besar, tapi masing-masing pahlawan kita telah membuktikan bahwa bangsa kita bisa merdeka," ujar Bong Ming Ming.

Oleh karenanya, Bong Ming Ming mengajak masyarakat untuk memulai sesuatu meski pun kecil namun memiliki nilai manfaat bagi negara ini. Terkhususnya bagi generasi penerus yang menjadi harapan besar negara ini untuk membuat perubahan yang lebih baik di masa mendatang.

Kategori :