Kekosongan Jabatan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Babel, Bawaslu Kerahkan Jajaran Sekretariat

Rabu 16-08-2023,15:13 WIB
Reporter : Abot
Editor : Admin

BABELPOS.ID,PANGKALPINANG - Memasuki tahapan penting pengawasan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), Bawaslu 7 Kabupaten/Kota di Bangka Belitung masih mengalami kekosongan. Hal ini membuat Pimpinan Bawaslu Bangka Belitung mengambil langkah cepat untuk pengawasan. Melalui Kepala Sekretariat, jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota diminta untuk mengawasi jalannya tahapan penyusunan dan penetapan DCS.

Komisioner Bawaslu Bangka Belitung, Jafri mengatakan jajaran Sekretariat dikerahkan karena belum ada pengumuman hasil seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia oleh Bawaslu RI. Pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi secara virtual meminta jajaran Sekretariat di Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengerahkan Sumber Daya Manusia yang ada untuk melakukan pengawasan langsung dan melekat. 

BACA JUGA:Banyaknya Tumpang Tindih Kawasan Hutan Lahan Warga, Bateng Gelar Sosialisasi PPTPKH

"Pengawasan langsung dan melekat dapat dilakukan dengan menyusun petugas piket pengawasan kemudian membuat kajian terhadap hasil pengawasan dan pemetaan terhadap potensi sengketa pada proses tahapan," ungkap Jafri.

Tahapan yang sedang berlangsung yakni penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) yang terdiri dari verifikasi administrasi dokumen persyaratan Bakal Calon pasca pencermatan rancangan DCS. Kemudian, penyusunan DCS, penetapan DCS yang dimulai dari tanggal 12 hingga 18 Agustus 2023.

BACA JUGA:Masyarakat Pagarawan Sepakat: Copot Kades Jayadi!

Rapat koordinasi virtual juga dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Babel, Sahirin dan Davitri. Upaya pengawasan ini juga bila hasilnya ditemukan potensi pelanggaran atau menerima laporan terkait pelanggaran administrasi, maka Kepala atau Koordinator Sekretariat menyampaikan dan berkoordinasi dengan Ketua Bawaslu Babel.

"Kita juga akan memaksimalkan posko aduan dan imbauan dari masyarakat melalui media sosial yang ada pada masing-masing Bawaslu Kabupaten/Kota di Bangka Belitung," tuturnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Suganda Hadiri Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Untuk diketahui selain dihadiri oleh pimpinan Bawaslu Babel rapat ini juga dihadiri oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Babel Roy M Siagian serta Kepala dan Koordinator Sekretariat beserta staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota se Bangka Belitung.(tob)

Kategori :