BPBD Babar Gelar Pelatihan Relawan Desa Tangguh Bencana

Kamis 22-06-2023,08:44 WIB
Reporter : Cahyo
Editor : Jal

BABELPOS.ID, MENTOK - Meningkatkan kesiapsiagaan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat melakukan pembentukan dan pelatihan relawan desa atau kelurahan tangguh bencana di Kecamatan Mentok.

Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah instansi terkait diantaranya, Basarnas, Polres Bangka Barat, Kodim 0431/Bangka Barat, Pos TNI AL Mentok, Satpol PP dan Damkar Bangka Barat. 

BACA JUGA:Curah Hujan Masih Tinggi, BPBD Babar Catat Ada 5 Titik Rawan Banjir, Ini Lokasinya

Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursyandi, mengatakan pelatihan relawan tangguh bencana ini diikuti sebanyak 22 orang peserta berasal dari semua desa atau kelurahan yang ada di Mentok.

"Pelatihan ini dilakukan selama dua hari di Pantai Batu Rakit, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, yang diimulai dari 21 Juni 2023 hingga 22 Juni 2023," ujar Sandi, Kamis (22/6/23).

BACA JUGA:Pasang Air Laut Tinggi, BPBD Babar Minta Warga pesisir Kampung Tanjung Laut Waspada

Sandi menyebutkan tujuan dari pembentukan desa dan kelurahan tangguh bencana adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi kejadian bencana.

"Beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut, salah satunya simulasi bencana dan upaya pertolongan pertama dalam situasi tanggap darurat. Pembentukan relawan ini untuk mewujudkan resiliensi masyarakat di Kabupaten Bangka Barat dan akan dilanjutkan secara bertahap pada kecamatan yang lain," terangnya.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem Tidak Menentu, Ini Imbauan BPBD Babar

Terpisah itu, Kabag Ops Polres Bangka Barat Kompol Albert Tampubolon mengatakan pihaknya mendukung penuh program yang diinisiasi oleh BPBD dan siap membantu dalam penanggulangan bencana. 

"Anggota Polri siap membantu dalam Penanggulangan bencana melalui satgas penanggulangan bencana. kami endukung penuh acara sosialisasi pembentukan relawan desa kelurahan tangguh bencana," tutur Kompol Albert Tampubolon. (*)

BACA JUGA:BPBD Babel Galakkan Kegiatan Ayo Bersuara di Kampung Tanjung & Ulu

Kategori :