Para Bandit Asal Palembang itu Keliling Kota Pangkalpinang Cari Sasaran. Sudah Bobol 3 Rumah

Kamis 08-06-2023,10:21 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Admin

BABELPOS.ID.- Beruntunglah akhirnya para bandit itu sudah terkapar dihajar pelor.  Karena ternyata kedatangan kawanan ini ke Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, memang sengaja untuk maling.

Mereka adalah Joni Arifin alias Joni (33), Rudi Kurnia alias Rudi (30), Tomi Ardian alias Tomi (35) dan Anang Ardiansyah alias Anang (23). 

"Jadi para pelaku ini awalnya menggunakan satu unit mobil merk Ertiga warna putih berkeliling seputaran Kota Pangkalpinang untuk mencari sasaran rumah yang akan dituju. Setelah menemukan rumah yang akan menjadi sasaran, barulah pelaku Joni bertugas mengetuk pintu rumah korban, sedangan ketiga rekannya menunggu di dalam mobil. Melihat keadaan rumah sepi dan kosong baru lah Joni mencongkel pintu depan rumah menggunakan satu buah linggis sendiri. Setelah berhasil terbuka baru lah Joni memanggil kedua rekannya yang bernama Anang dan Tomi untuk masuk kedalam rumah korban, dan pelaku Rudi bertugas menunggu didalam mobil. Selanjutnya setelah berhasil masuk, pelaku Joni, Tomo dan Anang mengambil barang berharga milik korban," ungkap Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, Kompol Evry Susanto seizin Kapolresta Pangkalpinang, Kombes Pol Gatot Yulianto, Kamis (8/6/2023). 

Saat diinterogasi lebih lanjut, kata Evry, para pelaku ternyata juga diketahui telah melakukan pencurian di dua TKP berbeda lainnya dengan modus yang sama. 

Adapun dua TKP tersebut yakni rumah daerah Semabung  pada tanggal 4 Juni 2023. Dimana dari TKP tersebut, pelaku berhasil mencuri satu unit handphone merk Samsung berwarna pelangi. 

Selain itu, Perumahan Damai Lestari Bacang yang terjadi pada 5 Juji 2023. Di TKP ini, para pelaku berhasil mencuri satu unit Ipad warna gold, satu unit handphone merk Iphone 7 plus warna hitam, satu pasang cincin emas putih, satu buah kalung emas kuning, satu buah kalung emas putih, satu buah gelang kaki emas kuning,  lima buah gelang emas kuning, dan beberapa aksosoris gantungan kalung emas. 

"Setelah melakukan aksinya para pelaku menyimpan semua barang hasil curian tersebut dan menawarkan barang hasil curian tersebut ke rekannya yang berada di Palembang, lalu pelaku meminta uang DP untuk barang yang akan dijual sebelum sampai ke Palembang, lalu rekan pelaku yang hendak membeli barang tersebut mentransfer uang DP barang hingga sampai ke Palembang. Setelah berhasil di transfer, keempat pelaku menggunkan uang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari selama di daerah Bangka Belitung," kata Evry. 

Selanjutnya, tambah Evry, para pelaku dan barang bukti hasil curian dibawa ke Polresta Pangkalpinang untuk proses penyidikan lebih lanjut.

"Saat ini ke empat pelaku sudah berada di sel tahanan Polresta Pangkalpinang guna pemeriksaan lebih lanjut," tandas Evry.***

 

Kategori :