DLH Kota Gotong Royong Bersihkan Pasar Ikan

Sabtu 25-02-2023,06:27 WIB
Reporter : Juliadi
Editor : Babelpos

PANGKALPINANG - Rangkaian Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 berlanjut di Pasar Ikan, Jumat (24/2) pagi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang bersama pihak terkait menggelar gotong royong di wilayah tersebut.

Sebagaimana dikatakan oleh Kepala DLH Kota, Suharto saat ditemui pada kegiatan tersebut. Menurut dia, kehadiran mereka di tengah masyarakat untuk melakukan aksi nyata.

'Kita turun kebetulan dalam peringatan HPSN tahun 2023. Kami dari DLH Kota Pangkalpinang mencoba hadir untuk melayani masyarakat untuk aksi nyatanya dengan melakukan gotong royong bersama-sama," jelas Suharto.

Sebelumnya, HPSN tahun 2023 diperingati dengan upacara secara sederhana pada tanggal 21 Februari. Kemudian pada tanggal 23 Februari kemarin dilanjutkan dengan pertemuan internal konsolidasi bersama petugas lapangan dengan mengadakan silahturahmi yang turut dihadiri langsung oleh Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen). 

"Jadi silahturahmi petugas kebersihan ini dengan Wali Kota Pangkalpinang untuk mendengar masukan serta saran. Apa visi misi Wali Kota yang boleh dilaksanakan oleh teman-teman di DLH," jelasnya.

Terkait dengan peringatan HPSN lanjutnya, DLH kata Suharto mencoba keluar untuk melaksanakan gotong royong di pasar ikan dengan melibatkan masyarakat yang ada di KSM Kecamatan dan Kelurahan, PUPR, Perkim maupun UPT Pasar dan Disprindagkop. 

Paling tidak, ini dapat menyelesaikan masalah persampahan disekitar jalan inspeksi pasar ikan. Diharapkan kegiatan ini akan kembali digelar di beberapa titik di Kota Pangkalpinang. 

"Kalaupun secara umum pengelolaan sampah sudah baik hanya kita perlu sentuhan lebih banyak dikarenakan TPA kita sudah krodit," katanya.

Lebih jauh, momentum HPSN diharapkan dapat membuat masyarakat juga Peduli Sampah. Suharto mengakui sejauh ini masalah sampah masih dalam level penanganan. 

"Ke depan tidak bisa seperti ini. Tidak mungkin menampung sampah sebanyak ini , maka langkah pengurangan akan lebih kita upayakan," tutupnya.

Selain menggelar gotong royong bersama pihak terkait. Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, DLH Kota Pangkalpinang menyerahkan tong sampah kepada SDN Negeri 53 Pangkalpinang.

Kategori :