Siswa Kelas 4 SD IT Qurani Adh-Dhuhaa PGK Gelar Outing Class ke PLTU Air Anyir

Sabtu 05-11-2022,11:32 WIB
Reporter : Julian
Editor : Jal

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Sebanyak 46 siswa/siswi dan 4 guru pendamping SD IT Qurani Adh-Dhuha Pangkalpinang melaksanakan outing class di PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Air Anyir, Jum’at (04/11/2022) pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan kepada para siswa-siswi tentang cara kerja PLTU mengalirkan listrik ke rumah-rumah dan instansi, sekaligus memberikan pengalaman menarik bagi mereka.

BACA JUGA:Go Live Co-firing PLTU Bangka Menggunakan Woodchips Menuju Babel Green Energy

“Untuk pengenalan dasar tentang energi bagian kelistrikan terutama instansti yang terdekat di sekitar kita adalah PLTU, selain dari itu ada materi yang mereka pelajari dalam kurikulum merdeka fase B untuk semester ini mengenai energi di pelajaran IPAS dan praktik wawancara muatan pelajaran Bahasa Indonesia,” tutur Ari Firdaus selaku Ketua Pelaksana dalam kegiatan ini, Jum’at (4/11/2022).

Outing Class ini menjadi hal yang sangat menarik untuk anak-anak, selain melihat cara kerja pembangkit listrik secara langsung, mereka juga bisa mengenal bahan-bahan yang digunakan untuk pembangkit listrik.

BACA JUGA:PLN Babel Go Live Komersialisasi Co-firing PLTU Air Anyir, Menuju Babel Green Energy

Tidak hanya itu siswa-siswi juga turut antusias bertanya saat kegiatan pemaparan materi tentang kelistrikan yang disampaikan Bapak Hanung Yoba Abriyanto, selaku Manager ULTG Bangka.

Ari juga mengatakan sebelum pelaksanaan Outing Class anak-anak tetap melakukan rutinitas yaumiah (harian) di sekolah dengan melaksanakan senam pagi bersama dan sholat dhuha di sekolah.

BACA JUGA:Kadin Kota Minta Porsi Pengusaha Lokal Ambil Bagian di PLTU Air Anyir

Sebelum masuk ke kegiatan pemaparan materi, siswa-siswi disambut ramah oleh tim PLN yang ada di kantor PLTU Air Anyir, sehingga ini menjadi kesan yang menyenangkan untuk siswa-siswi.

Hanung sebagai pemapar materi mengatakan, turut senang atas kehadiran siswa-siswi SDIT Qurani Adh-Dhuha dan bisa berbagi materi keilmuan untuk mereka untuk menambah materi tentang pembangkit energi yang sudah didapatkan di sekolah.

BACA JUGA:Go Live Co-firing PLTU Bangka Menggunakan Woodchips Menuju Babel Green Energy

Bagian ini siswa-siswi diperkenalkan berbagai macam pembangkit listrik, bahaya dalam listrik dan kiat-kiat dalam menjaga keselamatan diri dan lingkungan dari bahayanya listrik.

Setelah materi dipaparkan siswa-siswa diajak keliling menggunakan bus dengan melihat secara langsung proses pembangkit listrik mengalirkan ke rumah-rumah. Dari bahan pokok pembangkit listriknya, mesin-mesin yang digunakan hingga cara-cara step by step yang dijelaskan secara runut oleh petugas lapangan PLN 

BACA JUGA:PLN Babel Go Live Komersialisasi Co-firing PLTU Air Anyir, Menuju Babel Green Energy

Kategori :