Yayasan Jelajah Bangka Ajak Generasi Z Buktikan Babel Kaya Sejarah dan Budaya

Selasa 21-06-2022,23:13 WIB
Reporter : Rel
Editor : Jal

PENELITI dan Ahli Sejarah dan Budaya Bangka Belitung Akhmad Elvian, DPMP mengapresiasi semangat dan keaktifan Tim Yayasan Jelajah Bangka Indonesia yang ingin terus belajar dan mengenal lebih dekat tentang situs-situs sejarah dan budaya yang ada di Pulau Bangka khususnya.

Menurut Pembina Yayasan Jelajah Bangka Indonesia ini, program Jelajah Bangka Indonesia ini sangat perlu diwujudkan dalam aksi nyata secara bertahap atau berkelanjutan. 

Hal ini disampaikan Datuk Akhmad Elvian usai melakukan kunjungan bersama di Pulau Pelepas, Pulau Begadung dan Pulau Nangka Bangka Tengah, pada 19 Juni 2022 lalu.

Tokoh dengan gelar Watika Dirja, Pingat Kebesaran Mahkota Palembang, Darjah Paduka Mahkota Palembang (DPMP) Tahun 2018 ini juga optimis Program Jelajah Bangka Indonesia ini akan semakin mampu mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Ini terbukti dari berbagai aksi yang dilakukan, selalu disambut antusias oleh para peserta dari kalangan mahasiswa, pelajar sebagai generasi “Z” dan umum. 

“Diharapkan melalui Jelajah Bangka Indonesia akan semakin mampu menumbuhkan kesadaran sejarah bagi generasi muda, bagi masyarakat dan mahasiswa, bahwa Bangka Belitung ini dadalah provinsi yang kaya sejarah dan budaya,” ujar Sekretaris Dewan Kota Pangkalpinang ini.

Peraih Penghargaan Kebudayaan Kategori Pelestarian Aset Sejarah Dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, September 2019 ini optimis, bahwa program ini akan mampu mendorong dalam meningkatkan kualitas pengetahuan tentang sejarah dan budaya, sehingga menjadi modal bagi masyarakat Babel untuk secara berkelanjutan mengembangkan wilayahnya misalnya melalui sektor kepariwisataan. Karena Babel ini mempunyai destinasi wisata yang cukup beragam termasuk dari pulau-pulau kecilnya yang menyimpan sejuta pesonanya lengkap dengan keanekaragaman hayatinya.

”Melaui wadah Jelajah Bangka ini, kita bisa melihat langsung sekaligus mempelajari sejarah dan budaya masyarakat khususnya yang ada di pulau-pulau kecil tersebut, makanya sekali lagi kegiatan Jelajah Bangka Indonesia ini musti terus digelorakan dan di ikuti peserta yang juga berkualitas,” dorong Mantan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang ini.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Jelajah Bangka Indonesia, Alvin Azra juga bersyukur atas antusias para peserta setiap kali pihaknya melaksanakan aksi turun lapangan. Ia optimis bahwa tanggapan positif dari peserta ini, karena memang lahir dari kesadaran diri untuk terus meningkatkan kecintaan dan nasionalisme sebagai anak bangsa terhadap pentingnya memiliki kualitas lebih baik dalam hal pengetahuan sejarah bangsanya. 

“Semoga melalui program Jelajah Bangka Indonesia ini dapat menjadi salah satu sarana pembeljaran terhadap sejarah budaya Bangka Belitung. Karena dengan mengenal sejarah bangsa inilah modal penting, maka akan memupuk perhatian dan rasa cinta, peduli terhadap umat, bangsa dan negara,” tambah Alvin. (**)

Kategori :