Kekurangan Pupuk Subsidi, Panen Kedua Padi Namang Tahun 2023 Menurun

Kekurangan Pupuk Subsidi, Panen Kedua Padi Namang Tahun 2023 Menurun

--

BABELPOS.ID, NAMANG - Tahun 2023 ini, Petani Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali panen padi di puluhan hektar areal persawahan Desa Namang.

Diketahui, panen padi ini adalah kali kedua, sebelumnya panen dilakukan pada Februari 2023 lalu. Sayangnya, panen kali ini mengalami penurunan, meski begitu para petani masih mendapatkan keuntungan.

Bahkan, Desa Namang masih mampu memasarkan Beras Merah yang menjadi salah satu ikon Desa Namang.

Kepala Desa Namang, Zaiwan mengatakan sejak 2 pekan terakhir, para petani padi memang sedang sibuk melakukan panen padi di puluhan hektar areal persawahan Desa Namang.

"Alhamdulillah sudah 2 minggu ini, petani padi Desa Namang melakukan panen padi dan ini merupakan panen kedua, setelah Februari 2023 lalu," ujarnya kepada babelpos.id, Senin (3/7/2023).

Kata Dia, panen ini sangat disyukuri oleh para petani padi dan untuk saat ini sekitar 40 persen dari luas areal persawahan padi sudah dipanen.

"Sudah 40 persen dipanen," ucapnya.

Ia menuturkan, jika dibandingkan panen sebelumnya, panen padi kali ini mengalami sedikit penurunan hasil, karena kurangnya pasokan pupuk akibat pergeseran pupuk subsidi.

"Kalau kita lihat, memang ada penurunan hasil panen, karena adanya faktor peralihan pupuk subsidi, jadi banyak masyarakat Namang yang tidak mendapatkan pupuk subsidi, sehingga padi ini kekurangan pupuk," terangnya.

"Kendati demikian, panen kali ini tetap menguntungkan bagi para petani padi, karena penurunan hasil panen padi tidak begitu banyak," tambah Zaiwan.

Kata Zaiwan, dari hasil panen dihasilkan beras merah dan putih, serta diharapkan pada masa tanam berikutnya produksi padi Desa Namang dapat meningkat.

"Semoga, pada masa tanam dan panen berikutnya, produksi padi Desa Namang, Bangka Tengah bisa meningkat," imbuhnya. (sak/ynd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: