BPIP Ajak Calon JPM Bina Ideologi Pancasila

BPIP Ajak Calon JPM Bina Ideologi Pancasila

Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila yang digelar BPIP di Novotel Bangka.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, Ir Prakoso mengajak calon Jejaring Panca Mandala (JPM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pembinaan ideologi Pancasila kepada masyarakat di Bumi Serumpun Sebalai.

Ajakan tersebut disampaikan saat membuka kegiatan penguatan pembinaan ideologi Pancasila, Senin di Novotel Bangka, Senin (13/3).

Dikatakannya, pembinaan ideologi Pancasila oleh JPM yang dibentuk karena Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, falsapah negara, dan sebagai pandangan hidup, harus difungsikan tidak hanya sebagai kata-kata, tetapi dipraktekan dalam kehidupan, perkataan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Dia mengakui dalam menjalankan tugas pembinaan, BPIP tidak dapat melakukan sendirian, peran JPM sangat dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat di Indonesia.

Kegiatan penguatan pembinaan ideologi Pancasila, diikuti peserta dari sejumlah lembaga pemerintah vertikal dan pejabat daerah, termasuk peserta dari swasta, akademisi, unsur kepemudaan dan media, dijadwalkan mulai 13 sampai 15 Maret 2023.

Sementara Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, Elfrida Herawati Siregar mengatakan dalam Peraturan Persiden Nomor 7 tahun 2018, salah satu fungsi BPIP melaksanakan program strategis dan bekerjasama dengan lembaga tinggi negara, kementerian lembaga, pemerintah daerah, Orsospol dan komponen masyarakat lainnya.

"Dalam melakasanaan pembinaan ideologi Pancasila, BPIP harus melibatkan partisipasi masyarakat seluruh wilayah dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota, JPM memiliki tugas mendukung program BPIP secara nasional," kata dia.

Lembaga BPIP kata dia, sudah dibentuk di sejumlah wilayah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: